Thursday 27 October 2016

Do Everything with 'PASSION' ?

Do everything with passion, yap P.A.S.S.I.O.N. Kalau dalam oxford dictionary passion (n) An intense desire or enthusiasm for something, *aih gaya euy oxford* Basa padangnya sih, sesuai dengan keinginan atau ke'cinta'an akan sesuatu. Haha :p
Kenapa kali ini gue pasang judul kaya gini? Karena akhir-akhir ini gue merasa berada tidak pada passion gue. Loh kenapa? :o
Gue akan cerita dengan membandingkan fakta hidup gue dengan ade gue. Ceileeh faktaa hahaa 😎😝


Gue dan ade gue jaraknya cuma beda dikit. Dikiiit banget. Kya anak kembar. Apa-apa harus sama. Satu dibeliin barang, satu lagi juga harus dibeliin dan harus sama pulaa. Satu punya baju A, yang satunya juga harus punya baju A. Begitu seterusnya. Sampaisampai nih dari TK sampai kuliah di tempat yang samaan terus. Janganjangan nanti kita di pelaminan juga bersama. Helehheleh melipir pula bahas jodoh. Exit ah hahaa -,-
Yap semua serba harus sama. Tapi sifat kita jelass beda banget dan bedanyaaa lagi, yang gue rasain. Waktu kecil gue menangkap lebih cepat dalam hal apapun. Mama bilang gue umur mau hampir setaun udah bisa jalan, kalau dikasi main balok-balokan cukup dicontohin sekali seterusnya gue udah bisa ngerjain sendiri, dan gue lebih cepat belajar bacanya dibanding ade gue. Bukan berarti ade gue kurang,tapi sepertinya kemampuan ade gue bukan disana. 
Waktu SDpun begitu, gue cengeng haha namanya juga bocah tapi bukan itu yang mau diceritain. Waktu SD gue sedikit pintar lah ya bisa dapat ranking di sekolah, saat SMPpun alhamdulillah sekali dan alhamdulillahnya lagi sempat mendapat terbaik saat kelulusan SMP walaupun emang ranking/peringkat itu ga selamanya nentuin kita cerdas sih, tapi cukup membuat orangtua gue bangga dengan membawa piala saat ambil raport.


Ade gue, biasa-biasa aja di sekolahnya waktu SD kita masih sama, dia juga sering dapat ranking. Dari kecil ade gue udah suka menggambar. Menggambar apa? Lebih tepatnya meniru, apa yang dia lihat dia foto pakai kamera papa terus dia gambar atau nemu gambar-gambar lucu di buku cerita, dia tiru gambar itu. Tapi dalam hal hitung menghitung entah kenapa ade gue setiap belajar kurang fokus terutama matematika. Wk pernah sampai dimarahin bokap gue karena ga paham-paham diajarin. Yang ini ga perlu diceritain lah yaa😂 
Akhirnya di kelas 2 SMP, ade gue dimasukkin ke sebuah tempat bimbel. Tibatiba ade gue langsung jago matematika, bahkan lebih cepat ngerti dibanding gue. Entah karena guru bimbelnya yg galak *emang beneran galak* atau emang gurunya pintar ngajarinnya. (Btw,gue juga les di tempat yang sama pas kelas 3 aja jadi barengan lagi sama dia) hasil dari les itu cukup berhasil untuk membantu ade gue menjadi 'expert' di bidang matematika waktu ituu. Haha


Gue tipe orang yang gamau kalah. Kalau ada teman yang lebih bagus nilainya, kadang gue nangis, kenapa gue gabisa kayak gitu juga. Terlalu berambisi dalam hal akademik, sampai gue pusing sendiri. :") Ade gue, slow but sure.
Sampai di SMA, gue dan beberapa teman diikutin lomba-lomba sama guru gue. Dari lomba bahasa inggris sampai ikut lomba biologi di salah satu universitas negeri. Haha tapiii gak ada yang pernah sampai menang sih :p
Daan ade gue saat itu juga mulai keliatan bakatnya. Dari kesukaannya menggambar sejak masih kecil. Waktu SMA, ade gue masuk klub gambar. Pengajarnya guru kesenian di sekolah gue dan beliau emang jago banget di bidang seni. Ngerinyaa beliau ga segansegan suruh ngulang ngegambar atau ngehina gambar kita kalau menurut beliau ga bagus. Gue salah satu korban yang gambarnya disuruh ngulang. Superrrr! :")
Tapi hebatnya ade gue bisa jadi salah satu anak kesayangan beliau. :")


Lulus SMA dan masuk kuliah. Gue. Karena selama ini hanya seperti mengikuti arus, ga tau passion gue ada dimana. Gue galau mau kuliah jurusan apa, karena saat itu gue menyukai banyak hal dan skill yang gue tau, gue cuma lebih bisa cepat dalam menghapal dan suka bahasa *cepat ngehapal dilupainnya juga cepat sih*. Haha
Galau? pasti. Mau kuliah tapi ga tau harus masuk jurusan apa. Galau akut. Alhasil, waktu itu gue tes dimanamana. Di banyak universitas dengan berbagai macam jurusan. 😹
Waktu masih SMA, pernah sih ada tes psikotes gitu. Dan disana ditulis jurusan yang sesuai kemampuan gue adalah biologi, sastra dan teknik komputer. Saat itu gue merasa ada di biologi. Karena hobi menghapal dan membaca. Beberapa kali gue sempat ngomong ke bokap kalau mau masuk jurusan biologi aja. Tapi waktu itu bokap ga ngizinin, alasannya karena gue cepat dalam mempelajari sesuatu apalagi gadget makanya gue disarankan masuk jurusan informatika atau apapun itu yang berbau teknik. :") mendengar banyak cerita tentang kejamnya dunia teknik buat perempuan, ya takutlaah gue, sempat gamau. Nolak. Yaa lobilobi dikit dengan bokap gue. Gue dibolehin milih teknik pangan. Tapi sayang ga lolos. Daan setelah berbagai macam keyakinan yang bokap gue yakinkan ke gue. Dengan muka tersenyum, ikhlas, lapang dada I choose informatics :")


Ade gue. Tanpa babibu tanpa galau. Dan sudah jelas akan skillnya, dia selalu pilih jurusan desain. Bokap gue sih pastinya ngebolehin karena emang udah keliatan dia emang jago, dan emang hobinya juga disana. :") saat itu nama ujian masuk PTN lewat raport SNMPTN. Ade gue ga lolos PTN lewat jalur itu dan dia akhirnya coba di kampus yang sama dengan gue dan lolos. Setelah diterima, dia ga coba manamana lagi. Dia pun ga ikut SBMPTN, seakan-akan sudah yakin dengan jurusan dan kampus yang dipilihnya. :")

Berjalannya waktu gue baru menyadari sesungguhnya hati gue ga disini. Emang ada beberapa mata kuliah yang gue suka tapi tetap hati gue ga ada disini dan cuma bisa berusaha ikhlas akan sesuatu yang sudah gue pilih. Ade gue? Dia bahagia. Terlihat amat bahagia. Mulai tingkat 2 dia udah bisa menghasilkan uang sendiri. Percaya atau ga? Dia menerima project ngegambar, mulai dari logo, packaging, dan apapun itu. Dan uang yang dihasilkannya emang ga sedikit karena desain itu ga murah kan. Sampai tingkat 3 pun dia mulai aktif nerima project. Sukses? Gue bilang cukup sukses, karena bokap sering memamerkan gambar-gambar ade gue ke saudara-saudara dan teman-temannya. Sampaisampai nih ya di galeri hpnya ada satu folder berisi karya-karya ade gue. Bisa terlihat how proud my father of her. :")
Gue kadang ngerasa iri. Emang sih ga salah juga dia bisa dapat uang. Karena di informatika ga seperti desain yang bisa nerima project semudah itu. Kalau di teknik nerima project bikin web, aplikasi, atau alat-alat itu kan ga sebiasa orang menjual hasil desainnya. :") oke mungkin ini hanya pembenaran aja. u.u 
Walaupun kadang iri, tapi rasa bangga gue lebih besar ke dia. Jadi ya udah biasa saja.


Bisa terlihat jelas kan, mana yang melakukan segala sesuatunya dengan passion, cinta dan yang tidak. Eits, tapi belum tentu yang ga ngelakuin sesuai passionnya bakalan ga sukses looh. Karena ada yang namanya qadarullah ketetapan Allah swt. Dan itu bisa kita ubah sesuai kemampuan kita dan ketetapan Allah swt. Jadi sekuat apapun usaha kita sekarang, itu yang akan kita tuai hasilnya nanti. Jadi berjuang aja dulu. :")

Yang bisa diambil dari cerita gue diatas adalah jika lo ngelakuin sesuatu karena lo cinta akan hal tersebut semua pekerjaan akan lo lakuin dengan senang hati mau itu mudah ataupun berat. Tapi kalau lo udah ga cinta sama apa yang lo lakuin, hal itu akan terasa berat. Walaupun misal sebenarnya itu mudah tapi kalau udah ga cinta pasti berat terasa. Jadi cintai apapun yang sedang lo lakuin. *eaak lagi bener gue 😂
So gimana caranya kalau udah terlanjur? Sempat gue ngobrol sama salah satu dosen di kampus, curhat gitu deh sama apa yang gue rasain selama di kampus. Dan beliau bilang, "kalau kamu mundur itu udah pasti telat dan buang waktu. Kalau kamu maju tapi ga ikhlas, uang yang udah dikeluarin orangtuamu buat semuanya pasti kebuang sia-sia. Sekarang ga ada pilihan lain, selain maju dan ikhlas. Kalau emang kurang di salah satu matkul dan yakin itu bukan saya banget. Yaudah hasil yang didapat ikhlasin aja. Tapi pas udah nemuin pelajaran yang itu bisa jadi saya banget. Langsung di kejar, pelajarin disitu aja. Biar nanti saat kamu lulus, semua yang udah kamu perjuangin disini insyaallah ga sia-sia"
Selalu ingat pesan dari dosen gue itu dan karena itu di mata gue beliau selalu terlihat keren banget. :")
Jadi ga ada pilihan lain kan, selain maju dan ikhlas kan. Ya hadapi aja toh itu pilihan lo sendiri. And now here I am to face the new chapter of my life. :")




Bagi gue sih, bukan do what you love tapi harusnya itu love everything that you do.
Hamasah! 🐣


No comments:

Post a Comment