Monday 11 April 2016

Sahabat Itu.....

Hari ini gue mau sedikit cerita tentang kesayangan gue. Yap kesayangan.
Belakangan ini gue baru sadar ternyata gue bisa punya sahabat lebih dari satu dan udah hampir 4 taun dan berharap bisa sampai seterusnya. haha :)

Cerita ini dimulai dari SD, gue cuma punya satu teman dekat bisa dibilang hampir mirip sahabat, kemana-mana bareng, belajar juga bareng, saling saingan juga buat dapatin ranking *namanya juga bocah*, sampai ibunya dia kenal juga sama ibu gue. Tapi ga berlangsung lama sih, kelas 5 dia udah punya teman baru terus gue ditinggalin gitu aja. kenapa gue bilang ditinggalin? karena dia bersikap seperti ga kenal gue sama sekali. Disitu gue pertama kali ngerasain yang namanya sakit hati, sakit banget ya ternyata, sampai nangis ke nyokap. Tapi saat itu gue malah dimarahin. Kata nyokap "makanya kalau punya teman tuh jangan satu dan itu-itu aja. Belajar temanan juga sama yang lain, jadi kalau ditinggalin ga nangis". haha bukannya gabisa berbaur, tapi gue ga gampang bisa dekat dengan orang, mungkin kalau teman sekedar teman, kalau kenal sekedar kenal, gabisa "setset" langsung bisa kemana-mana bareng, apa-apa bareng. Tapi ga lama setelah itu, gue akhirnya punya teman dan lebih dari satu. Ya macam geng-geng anak SD bocah gitulah. haha :D
Sayangnya waktu SMP kita ga samaan, gue lanjut masuk SMP islam, mereka ada yang masuk SMP negri dan yang satunya pesantren. :(


Dan taunya waktu SMP, kita (gue dan teman dekat gue dulu yang ninggalin itu) masuk sekolah yang sama lagi, akhirnya gatau gimana caranya kita pun sahabatan lagi, sampai akhirnya di kelas 8 (2 SMP) kita beda kelas, dia punya teman baru dan gue pun juga. Awalnya kita masih sering dekat lama-lama udah kayak orang ga kenal (lagi). haha kali ini tanpa nangis karena saat kelas 8 itu gue punya geng dan entah kenapa, apa itu dimulai jamannya anak-anak alay kali yak, gue satu geng berempatan dan namanyaaa deuuh super aneh. Ngakak aja kalau ingat-ingat masa itu. Dimana kita masing-masing orang punya buku macam buku curhatan gitu dan buku itu tiap minggunya digilir dan diisi. Oh men! buku itu masih ada sampai sekarang dan malu banget kalau di baca lagi. Ga nyangka gue bisa sealay itu DULU. DULU loh ya DULU. >.<  
Waktu itu sih semuanya indah dan berjalan muluuuss, sampai satu per satu teman-teman gue dari geng itu pacaran. And then, kalian pasti taulah pacar is more important than friend. Mirisnya satu-satunya dari geng itu yang ga pacaran cuma gue, alhasil gue yang ditinggal sendirian >.<. Kita masih sering ngumpul sih tapi cuma di sekolah aja, kalau udah diluar sekolah yaudah mereka sibuk sendiri sama pacarnya. Padahal dulu sebelum mereka punya pacar, kita kayak anak ga ada kerjaan gitu. Kirim-kirim SMS berempatan, telponan grup gitu berisik banget. Yap itulah yang terjadi sebelum makhluk bernama laki-laki menyerang. Dan kenapa saat itu gue ga ikut pacaran juga? Karena gue takut dengan yang namanya lelaki, sempat sih dijodoh-jodohin sama mereka. Tapi kayak ga ada tertarik gitu buat pacaran saat itu. -..-  

SMA. Saat SMA pun sama punya teman banyak tapi yang dekat satuu juga. Lucunya kalau kita lagi berantem, masing-masing langsung nyari teman sendiri-sendiri gitu haha 3 taun kita duduk bareng, kerjaannya main terus, sama juga tiap malam suka smsan ga jelas, tapiii ya semua berubah sampai datang makhluk yang bernama lelaki ini. Saat itu ya udah ga kayak biasanya aja walaupun tetap masih dekat tapi pasti ada yang berubah kalau udah datang yang namanya pacaran. -_-

Kuliah. Awalnya disini ngerasa ga punya teman dekat, semuanya sama teman biasa aja. Paling ciwi-ciwi kelas yang selalu barengan mungkin karena kita dikitan kali yaah, dari mulai makan ke kantin bareng, ngemas gondrong bareng, telat masuk ke kelas bareng, ngemall bareng (meskipun kita kebanyakan wacananya) :p, hobi berisik di kelas pun juga samaan -.- 
Sampaiii akhirnya gue ketemu mereka, kesayangan gue.
Kita bukan teman satu kelas, kita juga beda wajihah (organisasi), kita bukan teman sekosan, kita juga bukan teman sejurusan, tapi pasti ada alasan kenapa dari sekian banyak, Allah SWT mempertemukan kita dalam lingkaran ini. :')
Udah hampir 4 taun sama-sama, udah saling ngenal gimana kepribadian saudaranya masing-masing, walaupun udah ngenal bukan berarti ga pernah ribut sih haha. Tapi kan katanya berantem itu tanda peduli, berantem itu tanda cinta. Harus dipertanyain kalau udah bersama lama tapi ga pernah berantem pasti banyak yang dipendamnya itu. *ngeles ajee* :p 

Belakangan ini gue baru benar-benar menyadari makna dari rukun ukhuwah: Taaruf, Ta'alluf, Tafahum, Tanashuh, Ta'awun, Takaful, I'tsar. 
Yang pertama Taaruf dan Ta'alluf (kesatuan hati), dimana pada masa ini saling mengenal dan mencintai karena Allah SWT. Yap I feel that, awalnya kita masih saling mengenal dan lama-lama saling menyayangi karena Allah SWT. Pertama-tama emang gue ngerasa ga akan bisa berbaur dengan mereka, kerudung gue yang saat itu lebih pendek dari kerudung mereka, ilmu mereka yang tinggi, pemahaman agamanya yang luas, basic mereka semua yang baik-baik, ga kayak gue yang masa lalunya nakal T.T. Karena gue merasa minder duluan, merasa ga akan bisa berbaur, otomatis gue membuat jarak sendiri dengan mereka, sebenarnya lebih karena gue takut dan malu kalau mereka tau masa lalu gue, karena saat itu gue juga tergabung dalam ADK. Tapi kesini-kesini gue baru sadar, kalau pemikiran gue saat itu salah, mereka kan bukan orang suci yang ga pernah punya salah, walaupun ga sebesar kesalahan gue di masa lalu sih. 
Saling menyayangi karena Allah SWT, bisa diliat kalau ada diantara kita ada yang sakit, langsung di PM ditanyain sakit apa, mau dibawain makanan apa, bahkan kalau ga ada yang nungguin di kosan mereka rela nemenin di kosan sampai kadang ada yang ngebelain skip kuliah. :')
Yang selanjutnya Tafahum dan Tanashuh, Saling memahami dan menasehati jika terjadi kesalahan pada saudara kita. 
Sudah bisa lah yaa dibilang saling memahami, karena kita gabisa nuntut untuk selalu dipahami kalau kitanya sendiri ga mulai memahami orang lain. Nah, saling menasehati ini.. Ini yang paling ngebuat gue terharu dan jadi sayaang banget sama mereka. Karena di masa masih kuliah ini, gue sempat ngelakuin kesalahan lagi. Jatuh cinta sebelum waktunya. Tapi saat itu ga ada satupun dari mereka yang tau, gue juga gamau cerita ke mereka karena takut ditabayyunin, bukan karena ditabayyuninnya sih tapi lebih ke penyebaran beritanya. 
Suatu waktu kita-kita buat acara main bareng dan disana main truth or truth. Kita semua saling jujur-jujuran sampai ada yang nangis-nangisan juga. Saat itu akhirnya gue ceritain semua tapi tanpa menyebut nama sih, karena perjanjiannya gaboleh ada yg ditutupin dan gaboleh sebut nama orang. 
Daaan ternyata hasil ekspektasi sama kenyataannya berbeda, yang gue takut kalau nantinya gue cerita, mereka bakal abcdesampaiz, malah kebalikannya. Mereka menenangkan, menasehati harusnya gue kayak gimana, sampai mereka kasih gue cerita-cerita bagus biar gue bisa ngelupain dan hijrah jadi yang lebih baik lagi. :')
Ta'awun, Takaful dan I'tsar, yaitu saling tolong menolong, merasa senasib dan mendahulukan saudaranya. Kalau yang ketiga terakhir ini sih belum terlalu keliatan. Tapi kadang kita berusaha saling mengerti aja kalau ada yang ngebutuhin. 

Yang gue pelajari dari mereka adalah, sahabat itu seperti rezeki datang dari arah yang ga disangka-sangka, sahabat itu bukan mereka yang hanya menyalahkanmu tapi juga dia yang mau membantu memperbaiki kesalahanmu. Dari dulu pas ngeliat mbamba kerudung gede temenan rame-rame, berharap banget bisa sahabatan yang kya gitu. And now, Alhamdulillah Allah SWT mempertemukan gue dengan teman-teman gue sekarang ini. 
Jadi ingat cerita Ibnul Jauzi yang berpesan ke sahabat-sahabatnya sambil menangis, "Jika kalian tidak menemukanku nanti di surga bersama kalian, maka tolonglah bertanya kepada Allah SWT tentang aku: "Wahai Rabb kami... HambaMu si fulan, sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau... Maka masukkanlah ia bersama kami di surga-Mu.""
Cerita ini tentang sahabat yang mampu membebaskan sahabatnya dari siksa yang begitu pedih, siksa neraka yang menyakitkan. Seperti sebuah hadits yang menjadi dasar dari perkataan Ibnul Jauzi di atas. Hadits tentang penghuni surga yang tidak menemukan sahabat mereka di surga:

"Yaa Rabb... kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia sholat bersama kami, puasa bersama kami, dan berjuang bersama kami."
Maka Allah berfirman:
"Pergilah kamu ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarah." (HR. Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd")


Seperti pesan Imam Al-Hasan Al-Bashri, “Perbanyaklah Sahabat-sahabat Mu’min-mu, karena Mereka memiliki Syafa’at pada hari kiamat.”

Walaupun gue belum sebaik kalian, masih belajar hijrah supaya ilmunya lebih banyak lagi, masih belajar juga supaya ga ngegalauin yang ga penting lagi, tapi tolong tanyakan aku kepada Allah jika kalian ga menemuiku di SurgaNya dan  Semoga Allah mempertemukan kita lagi di surgaNya.  Aamiin. :')
Uhibbukuma fillah ukhti-ukhtikuu ♥♥


No comments:

Post a Comment